Mudahnya Akses Internet Mampu Menyibak Potensi Daerah Pelosok

Penyebarluasan internet pelosok kini benar-benar dimanfaatkan oleh warga desa. Mereka mulai merasakan keuntungan dengan adanya akses internet, meski belum secepat dibandingkan di kota. Namun dengan adanya internet, manfaat yang paling dirasakan adalah banyaknya informasi di luar desa mereka. Banyak yang kemudian menyadari bahwa desa mereka memiliki banyak potensi yang belum digali, baik dari sektor pariwisata, pertanian, maupun perkebunan. Hadirnya internet mampu memberikan angin baru, pengetahuan dan kemampuan baru untuk dikembangkan. Perlahan, masyarakat desa mulai membangun dan membuka desa bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, dengan harapan mampu meningkatkan perekonomian desa. Akses menuju desa diperbaiki agar wisatawan mudah menjangkau lokasi temukan banyak lagi.

Manfaat lain dirasakan dari sisi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Daerah pelosok yang memiliki produksi pertanian, perkebunan, dan suvenir yang bagus dapat dipasarkan melalui internet. Media sosial adalah wilayah pemasaran yang sangat besar. Petani dapat mencari informasi mengenai bibit unggul atau teknik menanam baru yang dapat mempercepat dan memperbaiki kualitas tanaman. Sementara pemilik usaha dapat memasarkannya melalui media sosial. Internet memberikan jangkauan pemasaran yang sangat luas dalam waktu singkat. Transaksi jual beli dapat dilakukan secara online. Setelah itu produk dapat dikirim menuju pembeli.

Sementara itu, jika ditengok dari sektor pariwisata, maka internet dapat meningkatkan promosi mengenai daerah tersebut. Lagi-lagi media sosial menjadi lahan paling besar untuk melakukan promosi daerah wisata. Apalagi jika tempat tersebut memiliki spot foto yang unik dan natural. Tempat wisata yang paling dicari saat ini adalah tempat yang memiliki spot foto untuk diunggah ke media sosial. Secara tidak langsung, para pengunjung juga melakukan promosi kepada rekan-rekannya untuk mendatangi tempat tersebut. Oleh karena itu jaringan internet sangat dibutuhkan agar promosi bisa dilakukan dengan lancar. Salah satu media sosial yang gencar digunakan untuk promosi adalah Instagram. Sebuah survei menunjukkan bahwa pengguna Instagram di Indonesia merupakan terbesar se-Asia pasifik dengan lebih dari 45 juta pengguna aktif. Bisa dibayangkan, jika internet mudah diakses di daerah pelosok maka akan meningkatkan pendapatan daerah tersebut.

Leave a Reply