Merasa Sulit Mengelola Stok Gudang? Ikuti Tips-Tips Berikut Ini

Memiliki bisnis di bidang industri grosir dan ritel memerlukan kecermatan dalam mengelola inventaris. Pengelolaan inventaris akan semakin rumit apabila bisnis tersebut memiliki beberapa gudang di lokasi yang berjauhan. Di sinilah kecermatan dan kejujuran pengelolaan inventaris dibutuhkan. Barang-barang yang tertata di rak gudang harus disortir secara teliti agar tidak terjadi kekeliruan dalam pendistribusian. Meski hanya mengelola inventaris, pekerja yang dibutuhkan juga harus memiliki kualifikasi yang sesuai. Bagi Anda yang memiliki bisnis ritel dan memiliki banyak gudang secara terpisah, kami akan memberikan tips mengelola stok barang di rak gudang agar bisnis tetap berjalan lancar:

– Merapikan tempat penyimpanan inventaris atau rak gudang
Stok barang yang rapi akan memudahkan untuk menemukan barang yang dibutuhkan sehingga waktunya akan lebih efisien. Stok barang yang rapi juga mampu meminimalisir kerusakan barang. Anda dapat memisahkan produk sesuai dengan kategorinya masing-masing. Kemudian Anda dapat menyediakan rak khusus untuk barang-barang yang paling laku dan diletakkan di tempat yang mudah diakses. Agar semakin mudah dicari, Anda dapat memberi label pada setiap rak.

– Membuat forecast persediaan stok barang
Forecast adalah memperkirakan stok jumlah barang yang perlu ditambahkan ke gudang untuk beberapa waktu ke depan. Forecasting bisa menjadi sesuatu yang rumit jika Anda menjual beberapa jenis produk. Tentu saja butuh siasat untuk mengatasi hal tersebut, seperti meningkatkan stok ketika musim libur tiba karena biasanya penjualan meningkat pada saat musim liburan.

– Jangan lupa pengecekan stok secara berkala
Pastikan Anda maupun pegawai Anda melakukan pengecekan sebelum memasukkan barang ke dalam rak gudang. Hal ini bertujuan untuk mengetahui barang apa saja yang cacat, hilang, atau terjadi kesalahan produksi dan sebagainya. Ketika melakukan pengecekan stok, sebaiknya Anda memberikan kode bahwa barang-barang tersebut memang layak dijual.

– Memberikan kode pada setiap barang
Tujuan pemberian kode ini adalah membantu Anda terutama jika menjual barang dengan berbagai ukuran. Kode membantu mempercepat pencarian barang di saat pembeli menanyakan ketersediaan barang dengan menyebutkan warna atau ukuran secara spesifik. Ditambah lagi dengan kemajuan teknologi, pemindaian kode dapat dilakukan dengan barcode scanner sehingga waktunya akan lebih efisien.

Leave a Reply